Langsung ke konten utama

Sejarah Kalimantan Utara


Wilayah yang menjadi provinsi kaliamntan utara merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan. Kesultanan Bulungan pernah menguasai wilayah pesisir yang terdiri dari beberapa daerah yaitu Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, Kota Tarakan dan Tawau (Sabah sekarang) yang di dalamnya terdapat bermacam-macam suku.Kesultanan Bulungan didirikan pada tahun 1731. Raja pertama adalah Wira Amir yang bergelar Amiril Mukminin (1731–1777), dan Raja yang terakhir atau ke-13 adalah Datuk Tiras yang bergelar Sultan Maulana Muhammad Djalalluddin (1931)


Letak Geografis Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah provinsi Indonesia yang terletak di utara Pulau Kalimantan yang terletak diantara garis 114°35'22" BT 118°03'00" BT - 4°24'55" LU 1°21'36" LU .


Batas wilayahnya adalah sebagai berikut:


a. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia


b. Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur, Kertanegara Kabupaten Berau


c. Sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Kalimantan Timur


d. Sebelah barat berbatasan dengan Serawak Malaysia.











pemerintahan


Kabupaten: 4


Kota: 1


Kecamatan: 50


Kelurahan: 479


Pemerintahan 
• GubernurIrianto Lambrie 
• Wakil Gubernur Udin Hianggio
• Sekretaris Daerah Suriansyah
• Ketua DPRDNurhayati Andris



Potensi wisata : 

Wisata alam

Salah satu destinasi wisata pantai yang cukup terkenal di kawasan Kalimantan Timur adalah Pantai amal. Pantai yang satu ini terdiri dari dua bagian utama yaitu pantai amal lama dan pantai amal baru. Pantai yang satu ini terletak di kawasan Tarakan Timur, dan memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup menyenangkan. Jika kita berkunjung ke pantai yang satu ini maka kita akan dapat menikmati keindahan pantai yang alami.

Wisata Buatan

Tempat wisata di Kalimantan Utara yang pertama akan kita bahas adalah Rumah Bundar. Tempat wisata yang satu terletak di Jl. Danau Jempang Kelurahan Pramusian Kecamatan Tarakan tengah Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Rumah yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa destinasi wisata sejarah yang ada di Kalimantan Utara.

Wisata Budaya





Berkunjung ke Baloy Mayo

Lokasi rumah adat berbahan dasar kayu ulin ini ini tak terlalu jauh dari Bandar Udara Juwata, Kalimantan Utara. Hanya menempuh waktu tidak lebih dari 20 menit. Rumah Baloy dibangun mengarah ke utara dengan struktur bangunan yang lebih tinggi atau tidak berpijak pada tanah. Terdapat empat ruangan utama yang dikenal dengan sebutan Ambir.
Setiap ruangan pun memiliki fungsi berbeda beda, ruang ambir kiri (alad kait), adalah tempat untuk menerima masyarakat yang mengadukan perkara, atau masalah adat. Berbeda dengan ambir tengah (lamin bantong) yang merupakan tempat pemuka adat bersidang untuk memutuskan perkara adat. Lain lagi, ambir kanan (ulad kemagot) yakni diperuntukkan sebagai tempat beristirahat usai penyelenggaraan perkara adat.

something to do : 

bermain air laut. Kita bisa menyaksikan keindahan air laut yang jernih dan tampak berwarna kebiru-biruan. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Pantai

Something to see : 


Menikmati keindahan pantai amal

Something to buy : 






Sebelum berburu oleh-oleh khas Tanjung Selor, siapkan diri dengan mencicipi makanan khas nya terlebih dahulu. Tudai adalah jenis kerrang yang jumlahnya berlimpah di Kalimantan Utara, khususnya Tanjung Kelor. Karenanya, olahan tudai menjadi salah satu makanan khas asli dari Tanjung Selor. Kerrang tudai berdaging tebal, dengan cangkang warna hitam atau jingga. Biasanya tudai diolah secara sederhana. Bisa dengan sambal atau cukup direbus saja. Tentunya nggak cuma direbus pakai air dong. Tudai direbus bersama dengan bumbu cabai dan aneka rempah supaya lebih nikmat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini